Minggu, 02 Agustus 2009

MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR 2

Minggu ke- 3


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS



Penjabaran Isi Satuan acara pengajaran


CAKUPAN ISI (Content Summarry)


Arsir


§ Teknik pensil


§ Rendering dengan teknik pensil


§ Pemberian Tugas III: Arsir



TUJUAN PEMBELAJARAN (Learning Outcomes)


Melatih mahasiswa agar mampu:


§ Terampil membuat rendering dengan pensil


§ Terampil membuatteknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada benda-benda tiga dimensi sederhana tersebut dengan menggunakan teknik pensil


KRITERIA PENILAIAN (Assesment Criteria)


Potensi dalam menggambar, metode atau tata cara menggambar arsitektur.


METODE PENILAIAN (Assesment Method)


Tugas 2: Arsir dengan teknik pensil


PENYAMPAIAN (Delivery)


§ Tatap muka


§ Diskusi


§ Tugas Individu


§ Studio



PUSTAKA (References)


Ching, Francis D.K., Grafik Arsitektur, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 1990.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


MATERI PENGAJARAN


Teknik pensil


Presentasi dengan teknik pensil akan membantu seorang arsitek untuk membuat sketsa secara cepat dan kemungkinan besar untuk mendapatkan perbedaan nada (tone) untuk sehingga memperkuat kesan tiga dimensi.


Beberapa jenis pensil dan sifatnya:


Terkeras Keras Medium Lunak Terlunak


6H -------------------- 2H H F HB B 2B 3B 4B 5B 6B pensil yang sangat baik untuk sketsa


Beberapa cara memegang pensil:


image001


Posisi seperti ini kurang baik untuk menggambar, hanya cocok untuk menulis dan membuat detail


image002 image003


Posisi seperti ini sesuai untuk menggambar, dan posisi yang hampir mendatar dengan bidang kertas lebih baik.


image004


Dalam memegang pensil, jarak ujung pensil dan ujung jari berkisar 2 inci (4 cm -5 cm)


Posisi Pensil


image005


Beberapa posisi pensil akan menghasilkan ketebalan garis yang berbeda.


Tekan - tarik pensil


image006image007


image008


Pensil yang ditekan akan menghasilkan garis yang gelap, sedang pensil yang ditarik akan menghasilkan terang.


ARSIR


Ketrampilan dasar yang harus dimiliki mahasiswa arsitektur adalah ketrampilan mengarsir. Kemampuan untuk menarik garis mengisi bidang dengan coretan-coretan yang konsisten sehingga menghasilkan sebuah pola teratur yang mudah dibaca.


Cahaya yang mengenai suatu benda atau bangunan dapat digambarkan dengan garis-garis arsir. Kesan tiga dimensi ditunjukkan dari kepekatan tarikan garis/ arsiran serta arahnya.


Jenis arsiran dapat memberikan suasana yang berbeda. Jenis arsiran juga dapat mencerminkan wujud aslinya.


image009


image010 image011




Pensil


Kepekatan arsiran dapat diperoleh selain dengan jumlah tarikan garis (banyak/padat) juga dapat dengan mengganti jenis pensil (lunak/ hitam)


image012


Tinta


Kepekatan arsiran hanya dapat diperoleh selain dengan jumlah tarikan garis (banyak/padat) karena tinta mempunyai ketebalan warna yang sama.


a. Cara penarikan garis yang konstan di seluruh bidang gambar.


b. Jenis arsiran: memiliki jenis arsiran dari segi kepekatan maupun pola tarikan garis dengan karakter berbeda akan menghasilkan suasana yang berbeda.


image013


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS/ 2003/2004

TUGAS III: ARSIR

Tugas Mandiri: M3, 5% Nilai Akhir



TUJUAN


Tugas Arsir


§ Melatih mahasiswa untuk tidak takut dan mampu menarik garis lurus tanpa bantuan alat penggaris.


§ Mengenal dan memahami berbagai bentuk dan teknik arsir


FORMAT KERTAS


Kertas Padalarang/ concorde/ tidak licin, diatas 90 gr, ukuran 42 cm x 30 cm dengan garis tepi 1 cm dan kop standar yang telah ditentukan.



JADWAL


Pemberian dan pejelasan dimulai pada minggu ke-3 saat perkuliahan dan dikumpulkan pada minggu ke-3 selesai studio/ asistensi kepada Dosen.


TUGAS


Mahasiswa diminta membuat:


Bidang bujur sangkar kosong berukuran 6 cm x 6 cm, lingkaran, dan bidang-bidang kombinasi. Bidang-bidang tersebut diarsir secara konstan dan teratur dengan teknik arsir yang telah ditentukan (free hand).


Buku panduan:


Ching, Francis D.K., Grafik Arsitektur, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 1990.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


Selamat bekerja



Contoh arsir


image014


image015


image016


image017


image018



Oleh :IR. ANDJAR WIDAJANTI, MT

blog comments powered by Disqus

Posting Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER