Sabtu, 05 September 2009

Pemrograman

Minggu ke- 7


Oleh : IR. ANDJAR WIDAJANTI, MTA


Penjabaran Isi Satuan acara pengajaran


CAKUPAN ISI (Content Summarry)



§ Organisasi Kegiatan dan Ruang


§ Bentuk Organisasi Ruang


PUSTAKA (References)


Ching, Francis DK, Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya, terjemahan, Erlangga, 1999


Frick, Heinz, Membangun dan menghuni rumah di lerengan, Kanisius, 2003


Hershberg, Robert, Hershberger. Robert G., Architectural Programming, Mc.Graw-Hill


Ishar, HK, Pedoman merancang bangunan, Gramedia, Jakarta


Neufert Ernst,Architect’s Data, Granada


Time Saver Standard for Building Types


Pena, William, Penyelusuran Masalah, Sebuah dasar penyusunan Program Arsitektur, Intermedia, Bandung, 1995




MATERI PENGAJARAN



Pemrograman

Pemrograman berkaitan dengan pengumpulan dan pengaturan informasi yang diperlukan untuk dalam perancangan arsitektur.

Proses perancangan arsitektur dimulai dari mengetahui jenis bangunan yang akan dirancang, pemakainya dan bagaimana keinginan pemakainya, kegiatannya, ruang-ruang yang dibutuhkan, bagaimana tapak dimana bangunan tersebut akan dibangun, bagaimana jenis konstruksi dan bahan yang akan digunakan, dilanjutkan dengan melakukan analisa mengenai sifat dan syarat setiap kebutuhan lalu dikelompokkan, dihubungkan, digabungan sehingga menghasilkan suatu rancangan arsitektur.



image001Pemrograman Perancangan

Pemrograman arsitektur (bergantung pada kerumitan proyek perancangan) berlangsung melalui sejumlah tahap: menghadapi klien (bangunan yang bagaimana yang dikehendaki), mengklasifikasi informasi program (tujuan, perilaku, fungsi, obyek).


Dalam pemrograman,arsitek harus menggunakan keahlian analisa, logika dan matematika, teknik pemrograman ( matrik-matrik interaksi, grafik-grafik hubungan). Pengembangan program, diagram-diagram yang jelas, gambar-gambar, peta-peta.


PEMAKAI BANGUNAN









image002



KEGIATAN









image003



KEBUTUHAN PERABOT









image002






KEBUTUHAN RUANG









image004



ORGANISASI RUANG









image002


image005KONSEP Perancangan


(FUNGSI, STRUKTUR, ESTETIS: antropometrik, dll)


- Tapak (pengolahan ruang-ruang: bangunan & ruang luar)


- Bangunan (bentuk, kulit)


- Ruang Dalam


- Ruang Luar


Contoh pemrograman (Frick, 2003)


image006image007


image008image009


image010


image011image012


image011image013


image011image014


image015image016


image017image018


image019image020



Contoh sebagian pemrograman: hubungan ruang (Hershberg:465)


image022 image023

blog comments powered by Disqus

Poskan Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER