Minggu, 02 Agustus 2009

MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR 3

Minggu ke- 4


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS



Penjabaran Isi Satuan acara pengajaran


CAKUPAN ISI (Content Summarry)


Tekstur Bahan


§ Lambang dan tekstur bahan: beberapa jenis kondisi tanah, air, jalan, lantai, karpet, dinding, batu bata, plafon, atap, dll


§ Pemberian Tugas ke-4: Rendering bahan (teknik pensil)



TUJUAN PEMBELAJARAN (Learning Outcomes)


Melatih mahasiswa agar terampil membuat rendering dengan teknik pensil untuk mendapatkan perbedaan nada (tone) sehingga memperkuat kesan tiga dimensi dengan membuat teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada bahan seperti: kondisi tanah, air, jalan, lantai, karpet, dinding, batu bata, plafon, atap, dll


KRITERIA PENILAIAN (Assesment Criteria)


Potensi dalam menggambar, metode atau tata cara menggambar arsitektur.


METODE PENILAIAN (Assesment Method)


Tugas ke-3: Rendering bahan dengan teknik pensil


PENYAMPAIAN (Delivery)


§ Tatap muka


§ Diskusi


§ Tugas Individu


§ Studio



PUSTAKA (References)


Ching, Francis D.K., Grafik Arsitektur, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 1990.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


Wang, Thomas C., Gambar Denah & Potongan, Erlangga, Jkt, 1999


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


MATERI PENGAJARAN


bahan


Beberapa jenis bahan didalam arsitektur seperti:


Bahan di lantai/ dasar : kondisi tanah, air, jalan, lantai, karpet, batuan


Bahan untuk dinding : batu bata, dinding batu-batuan, dinding marmer


Bahan untuk atap : genteng, sirap


image001


LAMBANG & Tekstur bahan


Lambang beberapa jenis bahan tersebut digambar sesuai dengan ekspresi dari kondisi sesungguhnya. Secara grafis, ekspresi tersebut menampilkan kondisi permukaan sekaligus pola materialnya.


Dalam penggambaran tekstur bahan tersebut intensitasnya harus sama, ketebalan garisnya harus konsisten. Hindari tekstur yang bervariasi dalam gambar yang sama.


Misalnya karpet dapat terwakili dengan tarikan garis yang berbeda dengan rumput.


Jenis-jenis lambang bahan:


image002


Rendering bahan


Rendering bahan dengan teknik pensil untuk mendapatkan perbedaan nada (tone) sehingga memperkuat kesan tiga dimensi dengan membuat teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada bahan tersebut.


Beberapa jenis rendering pada bahan


image003


Contoh bahan bangunan dan penggunaannya pada bangunan:



image004 Contoh bahan bangunan dan penggunaannya pada bangunan:


image005 Contoh bahan bangunan dan penggunaannya pada bangunan:


image006


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS/ 2003/2004

TUGAS IV : TEKSTUR BAHAN

Tugas Mandiri: M4, 5% Nilai Akhir



TUJUAN


Melatih mahasiswa agar terampil membuat rendering dengan teknik pensil untuk mendapatkan perbedaan nada (tone) sehingga memperkuat kesan tiga dimensi dengan membuat teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada bahan seperti: kondisi tanah, air, jalan, lantai, karpet, dinding, batu bata, plafon, atap, dll


FORMAT KERTAS


Kertas Padalarang/ concorde/ tidak licin, diatas 90 gr, ukuran 42 cm x 30 cm dengan garis tepi 1 cm dan kop standar yang telah ditentukan.



JADWAL


Pemberian dan pejelasan dimulai pada minggu ke-4 saat perkuliahan dan dikumpulkan pada minggu ke-4 selesai studio/ asistensi kepada Dosen.


TUGAS


Mahasiswa diminta membuat:


Bidang bujur sangkar kosong berukuran 6 cm x 6 cm, lingkaran, dan bidang-bidang kombinasi. Bidang-bidang tersebut diisi dengan rendering beberapa bahan:


Bahan di lantai/ dasar : kondisi tanah, air, jalan, lantai, karpet, batuan


Bahan untuk dinding : batu bata, dinding batu-batuan, dinding marmer


Bahan untu atap : genteng, sirap


Yang diarsir dengan teknik pensil (free hand).


Buku panduan:


Ching, Francis D.K., Grafik Arsitektur, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 1990.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


Wang, Thomas C., Gambar Denah & Potongan, Erlangga, Jkt, 1999


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


Selamat bekerja


image007


Oleh : IR. ANDJAR WIDAJANTI, MT

blog comments powered by Disqus

Poskan Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER