Minggu, 13 September 2009

INSTRUMENT WAWANCARA TV DAN EQUIPMENT

Modul 7


INSTRUMENT WAWANCARA TV DAN EQUIPMENT


PENDUKUNG PAKET VOX POP


Oleh : Sainuddin, S.Sos



Pengertian Wawancara Vox Pop


Vox pop berasal dari bahasa latin adalag singakatan dari vox populi yaitu suara raka’yat. Wawancaera jenis ini lazimnya dilakukan oleh wartawan penyiaran dan juga wartawan media cetak untuk mendapatkan jawaban ringkas atau pendirian berkenaan sesuatu perkara, Kejayaannya tergantung pada topik atau isu yang ditayakan dan mendekati narasumber. Pandangan rakayat (narasumber) dapat memberikan dimensi lain ”gambaran yang sebenarnya” tentang topik yang diliput


Misalnya Topik tentang kenaikan harga BBM, tentu sesuai pendapat mereka masing-masing.


Dengan melakukan wawancara vox pop kita dapat mendapat berbagai tanggapan atau reaksi baik yang mengetahu maupun tidak mengetahui persoalan yang sebenarnya.


Apabila kita membutkan 5 tanggapan orang yang disiarkan maka kita harus melakukan wawancara 10 orang sehingga dapat menghasilkan tanggap yang lebih maksimal, karena diantara tanggapan yang kita dapat itu ada yang tidak bisa kita gunakan, dengan wawancara vox pop ini kita dapat menhasilkan jawaban atau tanggapan yang menarik .


Melaulu wawancara vox pop dapat memperoleh sampel mengenai pandangan, pendirian, dan persaan narasumber yang berkenaan. Lazim wartawan atau editor berita televisi atau radio mengatakan bawah ” Pandangan masyarakat yang kami temui atau wawancarai pagi tadi.


Masyarakat yang dapat menjadi narasumber kita seperti: Petani, nelayan, palajar, tukang bersih bangunan, buruh bangunan, padagan dan pembeli dan penjual di kaki lima.


Wawancara yang dilakukan bersifat tidak berstruktur dan dijalankan di tempat dan pada masa tertentu. Dalam dunia penyelidikan, wawancara demikian sebenarnya tidak boleh disepelehkan atau dianggap enten.


Dalam wawancaran vox pop ini hanya satu atau dua persoalan yang dikemukakan. Hanya ungkapan atau pendapat masyarakat yang ringkat dia siaralan melalui radio dan televisi yaitu komentar dan pendapat marayarakat yabng relevan dan baik tentang isu diangkat. Dalam hubungan ini, wartawan atau penedia elektronik perlu memastikan persoalan yang dikemukakan adalah spesifik dan menggunakan perkataan yang tepat.


Tidak perlu persoalan bersifat persediaan atau worm up tetapi boleh mengelolah persoalan seperti apakah pandangan masyarakat tentang .... Lazimnya hasil wawancara yang diperoleh dapat diolah melalui editing kecuali program wawancara langsung baik di radio maupun di televisi


Stasiun televisi atau radio perlu menyadari dalam menggunakan wawancara vox pop bukan sekedar memdapatkan tanggapan masyarakat atau opinion poll atau usaha mengumpulkan data tetapi lebih berusaha mendapatkan gambaran sepintas berkenaan pandangan masyarakat biasa.



Wawancara Vox Pop


Ø Vox Pop kependekan dari Vox Populi (suara rakyat).


Ø Wawancara Vox Pop adalah cara cepat dan mudah mendapatkan reaksi/ pendapat masyarakat mengenai suatu masalah/ obyek, khususnya mengenai hal-hal yg ringan.


Ø Hasil wawancara Vox Pop harus menggambarkan keragaman pendapat mengenai sebuah obyek, secara proporsional.


Mis : penilaian masyarakat tentang tingkat keberhasilan presiden SBY memberantas korupsi.


Ø Narasumber Vox Pop


semua lapisan masyarakat, dipilih secara random, laki- laki, perempuan, tua, muda, guru, mahasiswa, pedagang pinggir jalan, pengusaha, PNS, ibu rumah tangga, dst.


Ø Usahakan memperoleh jawaban dari beragam pihak, ambil beragam pendapat secara proporsional. Jika 7 dari 10 orang berpendapat SBY belum berhasil menangani masalah korupsi, ambil proporsinya seperti itu, jangan yg minoritas lebih banyak dimunculkan, atau jawaban yg dimunculkan yg sama semua.


Pertanyaan Vox Pop


- Tanyakan satu pertanyaan yang sama persis untuk semua yg diwawancara.


- Jangan membuat pertanyaan tertutup atau pertanyaan yang jawabannya “ya” atau “tidak”.


- Suara reporter sesedikit mungkin terdengar, upayakan tidak terdengar



Hal-hal Teknis Wawancara Vox Pop


Ø Waspada terhadap suara-suara latar/ bising yg bisa mengganggu/ membuat suara narasumber tidak jelas, karena wawancara vox pop biasanya singkat (10-15 detik).


Ø Jika banyak terdapat suara latar/bising, upayakan mikrofon mendekat ke narasumber, pastikan suara latar berada pada level konstan, agar lebih memudahkan proses editing.


Ø Selalu ubah “eye line” diantara kepala orang yg berurutan dlm vox pop (sesudah ke kiri ganti ke kanan).


Ø Upayakan frame pengambilan gambar sama, yakni medium dan close-up


Ø Untuk menggambarkan identitas narasumber yg diwawancara vox pop, dalam frame pengambilan gambar sebaiknya latar belakang berhubungan dengan pekerjaan. (tukang bakso dgn gerobak bakso, mahasiswa di kampus, dosen dg rak buku, pegawai di kantor, dst.)



Hal-hal Teknis Wawancara di Lapangan (termasuk Vox Pop)


Ø Mata narasumber adalah bagian penting. Mata harus diletakkan di sepertiga bagian atas frame pada garis “golden mean”.


Ø Pengambilan gambar wawancara ketika narasumber duduk, pastikan posisi kamera dan reporter harus pada ketinggian yg sama. “Eye level”, yakni ketinggian pandangan mata narasumber harus sama dengan level pandangan pemirsa yg menonton.


Ø Arah mana yg dilihat narasumber disebut “eye line” (garis mata). Saat wawancara, narasumber harus melihat ke reporter. Pemirsa harus merasa terlibat dg narasumber, jadi kamera harus diletakkan sedekat mungkin dgn “eye line” narasumber. (reporter harus berdiri sedekat mungkin dgn lensa kamera)


Ø Jangan pernah biarkan narasumber melihat langsung ke lensa kamera.


Ø Perhatikan, apabila menggunakan mikrofon, harus menjaga kontinuitas visual sewaktu mengedit keseluruhan wawancara. Perhatikan kabel mikrofon atau clip on tidak boleh terlihat, supaya terlihat rapi.


Ø Hindari latar belakang yg terang (menghindari back light), datar atau kosong. Atau latar belakang yg mengandung garis, yang menyebabkan seolah memotong/ menembus telinga narasumber.



Hal-hal Teknis Wawancara Vox Pop


Ø Equipment wawancara vox pop yg terpenting adalah camera, kaset, mikrofon dan batere, accu light jika perlu. Tripod tidak terlalu penting, karena cenderung menggunakan jenis door step

blog comments powered by Disqus

Poskan Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER