Minggu, 02 Agustus 2009

MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR 6

Minggu ke- 7


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS



Penjabaran Isi Satuan acara pengajaran


CAKUPAN ISI (Content Summarry)


1. Bentuk benda-benda tiga dimensi


2. Obyek di dalam ruang


3. Peran cahaya memberikan tampak bentuk yang berbeda pada bentuk 3 dimensi dan obyek seperti tersebut diatas dengan teknik pensil.


4. Peran nada dan detail: tekstur, warna, naungan, bayangan, bentuk & volume, detail dan pola, pengeditan


Tugas ke-6: Bentuk 3 D & Obyek di ruangan(teknik pensil)



TUJUAN PEMBELAJARAN (Learning Outcomes)


Melatih mahasiswa agar mampu:


1. Menggambarkan bentuk benda-benda tiga dimensi sederhana dimana peran cahaya memberikan tampak bentuk-bentuk yang berbeda.


2. Menggambarkan obyek dalam ukuran-ukuran yang sebenarnya.


3. Mengaplikasikan teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada benda-benda tiga dimensi sederhana tersebut dengan menggunakan teknik pensil.


KRITERIA PENILAIAN (Assesment Criteria)


Potensi dalam menggambar, metode atau tata cara menggambar arsitektur.


METODE PENILAIAN (Assesment Method)


1. Tugas bentuk 3D: dengan menggunakan teknik pensil.


2. Asistensi Tugas


PENYAMPAIAN (Delivery)


§ Tatap muka


§ Diskusi


§ Tugas Individu


§ Studio



PUSTAKA (References)


Ching, Francis D.K., Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 2000.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Laseau, Paul, Sketsa Bebas, Sebuah Pengantar, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 2004


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


MATERI PENGAJARAN



Bentuk benda-benda tiga dimensi


Bola, silinder, kubus, kerucut, pramida adalah bentuk-bentuk dasar utama dimana peran cahaya memberikan bentuk-bentuk tampak yang berbeda.


Bola, silinder, kubus, kerucut, pramida tersebut dikembangkan atau diputar dari wujud dasar (lingkaran, segitiga, bujur sangkar).


image001


OBYEK DIDALAM RUANG


Obyek atau benda selalu didalam ruang. Ruang dan obyek berada di dalam suatu tata hubungan yang tak terpisahkan yang satu menentukan yang lainnya. Dengan perkataan lain ruang tidak menggejala selama tidak ada obyek di dalamnya dan sebaliknya, obyek di luar atau tanpa ruang hanya merupakan cita dan konsep semata.


Mengamati obyek di dalam ruang membutuhkan sikap tertentu, karena dengan sikap ini akan menetapkan makna suatu obyek bagi pengamat.


Tujuan mengamati obyek adalah untuk menggabarkannya ke dalam bentuk dua dimensi (gambar berskala). Pengamat harus memperoleh ukuran karakter secermat-cermatnya, menggambarkan kembali sejelas-jelasnya (tidak mengubah bentuk aslinya dan memilih saat yang tepat, agar tercipta sudut pandang yang bagus atau jelas memperlihatkan kedalaman obyek tersebut.


image002













Peran cahaya memberikan tampak bentuk yang berbeda.


Untuk menghindari gambar dengan kesan datar suatu gambar, kesan tiga dimensi dapat dicapai dengan: kontras, naung dan bayangan.



image003


Mengaplikasikan Nada dan Detail



Contoh sketsa awal dengan menggunakan obyek di sekitar kita


image004


gambarlah tepian-tepian yang utama, tambahkan garis letak benda


image005


image006


image007


Naungan dan Bayangan



Naungan adalah area yang relatif lebih gelap di permukaan obyek yang tidak menerima penyinaran langsung.


Bayangan adalah area gelap yang terbentuk di permukaan oleh obyek yang terkena sinar matahari.


image008


image009


Bentuk dan Volume



Rendering untuk menggambarkan bentuk dan volume pada obyek dan material oleh pantulan, distorsi cahaya, permukaan yang dinaungi, tepi bayangan


image010


teknik arsiran pendek dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk dan volume


image011


permukaan yang dinaungi lebih terang dari pada bayangan yang jatuh


MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR


SEMESTER I / 3 SKS/ 2003


TUGAS VI : BENTUK 3D & OBYEK DI DALAM RUANG


Tugas Mandiri: M7, 5% Nilai Akhir



TUJUAN


Melatih mahasiswa agar mampu:


1. Menggambarkan bentuk benda-benda tiga dimensi sederhana dimana peran cahaya memberikan tampak bentuk-bentuk yang berbeda.


2. Menggambarkan kembali penghayatan suatu obyek tertentu (misalnya: meja, kursi atau bak tanaman di ruang teras, di ruang makan atau diluar, gazebo) dengan skala yang tepat sesudah melakukan pengukuran secermat-cermatnya, demikian hingga timbul kesan demensi (bayangan) beserta sifat bahan (tekstur).


3. Mengaplikasikan teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada benda-benda tiga dimensi sederhana dan obyek tersebut dengan menggunakan teknik pensil, tinta dan media warna.


FORMAT KERTAS


Kertas Padalarang/ concorde/ tidak licin, diatas 90 gr, ukuran 42 cm x 30 cm dengan garis tepi 1 cm dan kop standar yang telah ditentukan.


JADWAL


Pemberian dan pejelasan dimulai pada minggu ke-7 dan dikumpulkan pada minggu ke-8 sebelum UAS kepada Dosen/ Asisten sebelum dimulai perkuliahan.


TUGAS


Mahasiswa diminta untuk menggambarkan:


§ 5 bentuk benda, yaitu: bola, silinder, kerucut, piramida, kubus


yang diletakkan pada bidang bujur sangkar kosong berukuran 6 cm x 6 cm, dan


§ satu obyek (misalnya kursi, meja, bak tanaman) yang terletak pada suatu ruang (misalnya di ruang teras, di ruang makan) dengan bahan bangunan tertentu (misalnya lantai bebatuan atau ubin keramik kasar),


Berikan teknik arsir/ hitam-putih, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam pada benda-benda tiga dimensi sederhana tersebut dengan menggunakan teknik pensil, sehingga memberikan tampak bentuk-bentuk yang berbeda oleh peran cahaya.



Gunakan


§ Pensil monokrom (H, F, HB, B, 2B, 3B, 4B)


§ Penghapus


Tidak diperkenankan menggunakan alat penggosok (kapas, kertas, dll)


Buku panduan:


Ching, Francis D.K., Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 2000.


Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972


Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung


White, Edward T., Halse, Albert O, Architectural Rendering, Collage of Architecture, Tallahassee, Florida


Selamat bekerja


image012


image013


Oleh :IR. ANDJAR WIDAJANTI, MT

blog comments powered by Disqus

Poskan Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER