Minggu ke- 14-15
MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR
SEMESTER I / 3 SKS
Penjabaran Isi Satuan acara pengajaran
CAKUPAN ISI (Content Summarry)Elemen, Material, dan Finis Interior
§ Aplikasi obyek di lapangan
§ Contoh-contoh desain interior
Tugas ke-11: Lapangan(teknik warna): perspektif interior
TUJUAN PEMBELAJARAN (Learning Outcomes)
Melatih mahasiswa agar mampu:
§ Terampil membuat rendering dengan warna
§ Terampil membuat teknik arsir, tebal-tipis, terang-gelap, dangkal-dalam di interior dengan menggunakan teknik warna
KRITERIA PENILAIAN (Assesment Criteria)
Potensi dalam menggambar, metode atau tata cara menggambar arsitektur.
METODE PENILAIAN (Assesment Method)
Tugas ke-11: Lapangan(teknik warna): perspektif interior
PENYAMPAIAN (Delivery)
§ Tatap muka
§ Diskusi
§ Tugas Individu
§ Studio
PUSTAKA (References)
Doyle, Michael E, Teknik Pembuatan Gambar Berwarna, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 2003.
Tugas-tugas Mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana Jakarta
Gambar-gambar Konsultan Hadiprana
MATERI PENGAJARAN
elemen, material dan finis interior
Desain interior menggunakan teknik warna yang diperoleh melalui: pensil warna, cat air (watercolor rendering), poster, airbrush rendering atau gabungan dari beberapa teknik warna tersebut.
FINIS LANTAI
Kayu
1. Aplikasikan dasar marker dengan sekali goresan, setiap baris dengan jenis warna coklat yang berbeda, pada garis bantu pensil.
2. Buatlah warna kayu dengan pensil Jasmine dan Cream diaplikasikan secara acak dalam coretan-coretan mendatar mengikuti garis bantu.
3. Pantulan dengan pensil White di tempat terdekat sumbernya.
Batu marmer/ granit
1. Marker Cool Grey 10% untuk mewarnai lis lantai. Pastel Raw Sienna 234,9 untuk daerah lantai.
2. Pantulan terang dengan pastel Putih. Pensil Cool Grey 50% untuk pantulan dan bayangan pada lis lantai.
3. Tambahkan tekstur dan pewarnaan tebal tipis dengan pensil Burn Ochre dan French Grey 30%. Bintik-bintik latar dengan pulpen 005. Sambungan-sambungan dengan pensil 0,5 mm jenis 6 H.
DENAH LANTAI INTERIOR
1. Gambar denah, tampilan potongan dindingnya. Denah digambar dengan pulpen 0.05. dinding ditampilkan dengan marker French Grey 70%.
2. Tambahkan warna marker .Warna marker pada material denah lantainya. Pola Permadani diberi titik-titik dengan ujung markernya. Bayangan buram ditambahkan dengan marker French Grey 10%, 349% dan 50%. Bayangan akan memperkuat mutu tiga dimensi denah tersebut.
3. Tambahkan rincian pensil warna. Lantai kayu diberi tekstur garis-garis Blue Slate. Tambahkan sapuan warna pensil kabur untuk lanai dapur. Jalur kaca dengan pensil Deco Aqua.
DINDING
Finis Dinding
1. Aplikasikan dasar pastel Raw Sienna 234,9 yang dikikis dengan pisau pada daerah dinding gambar, gosok dengan tissue lalu haluskan dengan kanebo. Pada bagian yang lebih gelap gunakan pastel Gold Ochre 231,7.
2. Rapikan dan berikan gradasi dengan penghapus. Sapuan bergradasi untuk memperlihatkan bayangan dan gradasi tipis dengan pensil French Grey 20%. Gradasi ini ditambah dengan pensil Jasmine dan Mineral Orange.
Finis Perpola
1. Gambar polanya dgn pensil 0,5 mm 6H, aplikasikan marker Napples Yellow untuk setiap lajur dan gelombang bagian atas. Marker Light Ivy untuk tepi-tepinya.
2. Aplikasikan sapuan pastel Raw Sienna 234,9 yang dikikis dengan pisau pada daerah wallpaper, gosok dengan jari lalu haluskan dengan kanebo.
Papan (Wood Wainscot)
1. Aplikasikan dasar marker Kraft Brown dan Mineral Orange pada panel dan pintu.
2. Gosok pensil Terra Cotta, Mineral Orange dan Jasmine, goreskan ujung pensil sepanjang serat kayunya. Garis-garis pensil 0,5 mm 2H tambahan serat kayu.
3. Kilauan diberikan pada tepi-tepi yang mengarah ke sumber cahaya dengan pensil Putih.
JENDELA
Pandangan Siang Hari
2. Warnai dinding jendelanya. Sekalipun dinding terang, namun akan tampak lebih gelap. Dalam ilustrasi ini gunakan marker Warm Grey 10% yang digoreskan secara vertikal dan marker Sunset Pink yang digoreskan secara horizontal. Pastel Raw Sienna 234,9 yang dikikis dengan pisau pada jendela, gosok dengan jari lalu haluskan dengan kanebo.
2. Tambahkan warna pada pandangan eksterior. Pensil Cool Grey 20% tipis dengan ujung pensil diikuti dengan pensil Yellow Chartreuse, dan pensil White jika perlu.
3. Tambahkan warna frame jendela dengan Cool Grey 10%, 20% dan 60%.
Pandangan Malam Hari
1. Aplikan marker yang sangat gelap. Marker Black atau biru sangat tua dapat diaplikasian diseluruh bidang jendelanya, atau menggambarkan semak dan pepohonan. Marker Cool Grey 70% dan 90% untuk pandangan di kejauhan.
2. Gambar muntin jendela dengan pennsil putih dengan penggaris sejajar.
3. Tambahkan kilauan jika diinginkan. Lampu-lampu kota di kejauhan dapat ditambahkan dengan guas Putih. Interiornya diselesaikan dengan cara sebelumnya.
LANGIT-LANGIT
1. Buatlah outline langit-langit dengan pensil 0,5 mm 6H.
2. Tambahkan warna bergradasi dengan pastel Pastel Raw Sienna 234,9 dan pastel Gold Ochre 231.7 yang digunakan di sudut-sudutnya. Kedua warna ini dibaurkan dan dihaluskan dengan kanebo. Hati-hatilah untuk membiarkan daerah yang diterangi cahaya lantai pantulan untuk tetap seputih kertasnya.
3. Hapus garis outlinenya, dan tarik sisi bayangan lekukan dengan pensil 0,5 mm 6H.
PERABOT DAN KELENGKAPAN
Kulit
1. Aplikasikan dasar marker, dan perhatikan arah cahayanya. Marker Black diaplikasikan pada permukaan yang lebih gelap pada sofa dan marker Dark Umber untuk permukaan yang lebih terang yang menghadap ke atas. Marker Sienna Brown untuk bagian yang ternaungi pada kursi klubnya, dan marker Mineral Orange untuk permukaan yang diterangi lebih cerah.
2. Tambahkan kilauannya. Kilauan pada kulit sering sangat cerah tetapi bertepi kabur. Pensil White digunakan untuk menambah kilauan yang bergradasi pada permukaan yang melengkung ke arah sumber cahaya. Pensil Mineral Orange digunakan pada sofa coklatuntuk memperlihatkan cahaya pantulan dari kursi klubnya.
Kayu
1. Aplikasikan dasar marker pada lemari dan meja sesuai warna kayunya.
2. Tambahkan rinciannya dengan pensil. Pantulannya dengan pensil White.
Perlengkapan Kamar Mandi
1. Aplikasikan warna di sekeliling perlengkapan dengan marker dan pensil untuk teksturnya.
2. Aplikasikan gelap terangnya dengan beberapo pensil. Pensil White ditempatkan pada permukaan yang menghadap sumber cahaya. Guas Putih sebagai finis pada porselin.
Penerangan Terpasang
1. Kembangkan efek cahaya dengan pensil White
2. Pensil White, Light Peach, Deco Orange, Mineral Orange, dan Burnt Ochre (disebutkan disini dalam urutan nilai menurun) digunakan untuk menciptakan gradasi pada bentuk-bentuk langit-langit, dinding dan lantai.
3. Tambahkan sentuhan akhir dan kilauan. Pensil White ditambahkan pada bagian atas barang-barangnya dan digradasikan ke warnanya masing-masing begitu menjauh dari sumber cahaya. Guas Putih sebagai finis pada lampu dan huruf yang tertera di dinding.
Penerangan pada Bidang Dinding
1. Berikan naungan dan bayangan dengan pensil Black.
2. Aplikasikan pensil warna pada bagian belakang gambarnya. Pensil White, Cream, dan Light Peach diaplikasikan sesuai dengan urutan penyebutannya.
APLIKASI DI LAPANGAN
Sumber: Hadiprana, Bina Nusantara
MK MENGGAMBAR ARSITEKTUR
SEMESTER I / 3 SKS
TUGAS XI
RUANG MARKETING/ ...................
OBYEK LAPANGAN INTERIOR
(TEKNIK WARNA)
*PERSPEKTIF
Tugas Mandiri: M14-15, 10% Nilai Akhir
TUJUAN
Melatih mahasiswa agar mampu:
1. Menggambarkan suatu obyek interior di lapangan yang ada dengan teknik perspektif dimana peran cahaya memberikan tampak yang berbeda.
2. Menggambarkan kembali penghayatan suatu obyek tertentu dengan skala yang tepat sesudah melakukan pengukuran secermat-cermatnya
3. Mengaplikasikan teknik warna, sedemikian hingga timbul kesan tiga dimensi (dan bayangan) beserta bahannya (warna bentuk & tekstur). Aplikasi bisa dengan satu teknik saja (misalnya dengan teknik poster) atau beberapa teknik warna (misalnya teknik pensil warna, poster dan spidol) atau dengan tenik pensil atau/ dan teknik tinta (misalnya teknik cat air dan teknik tinta).
FORMAT KERTAS
Kertas putih tebal diatas 90 gr, ukuran 42 cm x 30 cm dengan garis tepi 1 cm dan kop standar yang telah ditentukan.
JADWAL
Pemberian dan penjelasan dimulai pada minggu ke-14 dan dikumpulkan pada minggu ke-15 sebelum perkuliaham kepada Dosen.
TUGAS
Mahasiswa diminta untuk menggambarkan obyek interior di lapangan dengan teknik perspektif.
Berikan teknik warna, sedemikian hingga timbul kesan tiga dimensi (oleh peran cahaya dan bayangan) beserta bahannya (warna bentuk & tekstur).
Buku panduan:
Ching, Francis D.K., Grafik Arsitektur, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 1990.
Doyle, Michael E, Teknik Pembuatan Gambar Berwarna, terjemahan, Erlangga, Jakarta, 2003.
Halse, Albert O, Architectural Rendering, MCGraw-Hill, Inc, NY, 1972
Mauro, Budi, Yasin, Teknik Menggambar Arsitektur, Bandung
Mofit, Cara mudah Menggambar, Gramedia, Jakarta, 2004
Sumintardja, Djauhari, Arsitektur, Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung, 1981.
Wang, Thomas, Gambar Denah dan Potongan, Erlangga, Jakarta, 1999.
Majalah ASRI, Majalah Laras
Selamat bekerja
DOKUMENTASI
Mahasiswa diminta untuk mendokumentasikan semua tugas Menggambar Arsitektur. Apabila dalam Dokumen, Baru mengumpulkan Tugasnya, tandai dengan tanda silang (v), dan apabila Tugas dilakukan Perbaikan Tugas, tandai dengan silang (v), dan tulis Nilai Awal.
Isi harus berurutan sesuai materi dokumen dibawah ini.
U
MATERI DOKUMEN
materi dokumen
Hal | Nama Tugas | baru | Perbaikan | NilaiAwal | nilai akhir | |
1 | Sket | Sketsa Awal | ||||
2 | T1 | Huruf & Angka | ||||
3 | T2 | Arsir Bebas | ||||
4 | T3 | Arsir Bahan Bangunan | ||||
5 | T4 | Tanaman | ||||
6 | T5 | Kendaraan & Orang | ||||
7 | T6 | 3 Dimensi | ||||
8 | UTS | Teknik Pensil Ruang Luar (Lapangan: RL UMB) | ||||
9 | T7 | Teknik Tinta Denah dan Tampak Potongan | ||||
10 | T8 | Teknik Warna Siang Hari | ||||
11 | T9 | Teknik Warna Malam Hari | ||||
12 | T10 | Teknik Warna Eksterior | ||||
13 | UAS | Gambar Presentasi Eksterior |
Dokumentasi dijilid/ diklip menjadi bendelan/ buku yang representatif, dan diserahkan bersamaan dengan penyerahan hasil UAS.
CONTOH TUGAS DI LAPANGAN
Karya Mahasiswa Nama: Suhardi, NIM: 41205120010
Lokasi Ruang Marketing, R.104 Gedung E Universitas Mercu Buana
Obyek lain di Lapangan
Lokasi Aula lantai dasar Universitas Mercu Buana
Lokasi Aula lantai atas Universitas Mercu Buana
Oleh IR. ANDJAR WIDAJANTI, MT