Rabu, 29 Juli 2009

MENGGAMBAR TEKNIK 13

MODUL KE TIGA BELAS


MENGGAMBAR TEKNIK



TOLERANSI


A. PENGERTIAN TOLERANSI GEOMETRIK


Dalam proses pembuatan suatu produk (benda kerja) yang teliti, penyimpangan bentuk, posisi, tempat, dan penyimpangan putar terhadap suatu eleinen geometri (titik, garis, permukaan atau bidang tengah), harus secara jelas dibatasi dengan nilai toleransi tertentu. Toleransi yang membatasi penyimpangan bentuk, posisi tempat dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometris ini disebut sebagai toleransi geometrik.


Toleransi ukuran sesungguhnya membatasi juga beberapa penyimpangan geometris. Oleh karena itu, apabila toleransi geometrik ditentukan secara rinci, inaka tidak diharuskan pemberian toleransi ukuran yang sempit. Dengan kata lain, toleransi geometrik memberikan kesempatan untuk memperlebar persyaratan dari toleransi ukuran.


Perlu juga ditegaskan di sini bahwa pemakaian toleransi geometrik hanya dianjurkan apabila memang perlu untuk meyakinkan ketepatan komponen mcnurut fungsinya, misalnya untuk membuat bagian-bagian yang mampu tukar, atau bagian-bagian yang teliti lainnya. Pembuatan bendanya sendiri dapat dilakukan dalam pabrik yang bcrbccla dengan peralatan dan pengalaman yang berbeda pula.


Penggunaan simbol serta cara pencantuman toleransi geometrik pada gambar telah direkomendasikan oleh ISO sejak tahun 1969. Bahkan dalam standar lain scperti ANSI dan JIS, beberapa tahun terakhir ini sudah mengalami sedikit perluasan.


B. JENIS KARAKTER DAN SJMBOJL GEOMETRIS


Tabel berikut menyajikan jenis karakter geometris yang dapat dikontrol oleh toleransi serta simbol yang dipergunakan dalam gambar.


Dalarn memberikan toleransi pada suatu elemen geometris, sering diperlukan elemen geometris lain dalam komponen yang sama sebagai suatu elemen dasar (elemen patokan). Berdasarkan hubungannya dengan elemen dasar ini maka ditentukanlah toleransinya, baik mengenai toleransi bentuk, toleransi orientasi, toleransi posisi atau toleransi putar.


image001


C. KETENTUAN PENULISAN SIMBOL TOLERANSI PADA GAMBAR


Untuk membedakan dengan simbol-simbol lain, simbol toleransi geometris ditunjuk­kan dalam gambar dengan ketentuan sebagai berikut:


1. Kotak Toleransi


Simbol toleransi dan persyaratannya dituliskan dalam sebuah kotak toleransi yang dibagi menjadi dua atau lebih bagian seperti ditunjukkan gambar 1. Bagian-bagian kotak tersebut berisi keterangan seperti dijelaskan pada gambar 2.


image002


image003


image004


image005


image006


image007


image008


image009


image010


image011


image012


image013


Oleh : Ir Nanang Ruhyat, MT

blog comments powered by Disqus

Posting Komentar



 

Mata Kuliah Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER